(Hot news) Mancing Nila / Mujaher dengan umpan cutton bud dan butiran sterofoem

  • Siapa yang tidak kenal dengan ikan yang satu ini, yaa… ikan nila atau dikenal sebagian orang dengan nama ikan mujahir, Bagi anda yang penghoby mancing atau bukan penghoby mancing sekalipun pastilah tahu jenis ikan ini dan mungkin ada sebagian orang yang sangat hobby untuk memancing ikan nila ini bahkan menjadi target utama memancingnya.

Di Indonesia Ikan nila ada beberapa jenis , ada ikan nila merah, ikan nila hitam, ikan nila hybrida, ikan nila G3 dsb. Namun ikan nila babon pada umumnya dengan warna umumnya hitam gelap dan pastinya lebih liar,  meski ada juga di beberapa ikan nila babon dari jenis yang berwarna merah. Ikan nila babon yang berwarna merah biasanya berhabitat di waduk-waduk yang di sana terdapat banyak rumpon. .

Akhir akhir ini kembali rame dibicarakan mancing Nila di WJB Semarang dengan menggunakan tekhnik umpan  Cutton But Apa dan bagaimana caranya, diaini tim admin Rucah mania sudah dapat bocoran dari berbagai refferensi data untuk membantu para Rucah Mania mencari sensasi dan tantangan baru.

Memancing nila babon dengan umpan cutton bud sebenarnya adalah tehnik mancing dengan cara membuat ikatan rangkaian pancing di mana pada bagian mata kail dimasukkan beberapa potongan kecil cutton bud berwarna putih jika tidak ada anda bisa menggunakan butiran kecil sterofom bekas sterofom alat elektronik seperti tv , dvd , dan lain sebagainya.

cara mancing ikan nila

butiran setrofoam atau gabus

Mata kail pancing yang dirangkai tidak hanya satu tetapi bisa sampai 4 atau bahkan ada yang membuat rangkaian dengan 24 buah mata kail (atau hook)

Umpan rangkaian hook yang masing-masing mata kail sudah diberi umpan potongan cutton bud atau potongan butiran sterofom (busa) itu kemudian cara mancingnya masih seperti biasanya orang mancing, lempar umpan setrofom atau cutton bud tadi ke dalam perairan yang kita prediksi terdapat ikan nila target mancing kita. Untuk peranti pendukung juga masih sama rangkaian joran (Rod), senardan reel (ada juga yang menggunakan gulungan biasa).

Untuk membuat rangkaian pancing dengan umpan cutton bud ini atau umpan sterofom (busa) , silakan lihat gambar petunjuk berikut ini:

teknik mancing nila babon

Contoh Rangkaian pancing memancing ikan nila babon dengan umpan cutton bud ( photo properti yanto )

umpan jitu ikan nila terbaru
Contoh 2:Rangkaian pancing memancing nila babon dengan umpan cutton bud (photo property yanto)

Berikut ini beberapa variasi lain rangkaian pancing untuk umpan nila babon dengan sterofom atau cutton bud.

umpan mancing nila sungai
(photo property yanto senenge mancing)
cara mancing nila babon
(photo property yanto senenge mancing)

Cara mancing nila babon dengan umpan cutton bud.

  1. Siapkanlah rangkaian umpan cutton bud atau sterofom di ujung senar pancing seperti mancing pada umumnya, bisa dengan teknik dlosoran (tanpa menggunakan pelampung / kumbul), bisa juga dengan teknik biasa yaitu menggunakan pelampung / kumbul.
  2. Siapkan 3 gelas beras atau secukupnya, kemudian dihancurkan ( ditumbuk) kecil-kecil sebesar potongan-potongan cutton bud / sterofom yang dirangkai di pancing kita.
  3. Sesampai di lokasi tempat mancing tebarkan beras tersebut ( jangan menyebar terlalu luas, tetapi mengumpul di satu lokasi tertentu yang dipastikan banyak ikan nila babon).
  4. Lemparkanlah rangkaian dan umpan pancing tersebut ke tempat di mana beras ditebar , beras tersebut disini dimaksudkan sebagai bom atau kepyuran. Jadi fungsi beras tersebut adalah sebagai cara mengumpulkan ikan nila babon.

Nah pada waktu ikan nila babon makan butiran beras (menir), biasanya dia akan juga menyedot potongan sterofom/cutton bud yang ada di mata kali. Bersiap-siaplah karena pada saat inilah kumbul atau pelampung (jika anda menggunakan teknik pelampung) akan ngetrik atau bergerak-gerak, segeralah sentak joran pancing anda.

Akan tetapi jika anda menggunakan umpan dlosoran, tanda bahwa ikan itu memakan umpan cotton bud kita adalah senar akanbergerak bisa mengencang atau mengendur,Nah dan saat itulah saatnya anda menyentak joran.

Tips mancing nila babon dengan umpan cutton bud:

  1. Gunakanlah joran yang relatif kaku pada ujungnya agar cepat dalam kita menyentak ikan.
  2. Gunakan senar (poly atau mono) yang kuat, sebab sudah semestinya jika sentakan ikan nila babon akan sangat kuat dan bahkan bisa menyebabkan banyak senar putus jika senar kenur anda kurang kuat.
  3. Cara menebar umpan bom/kepyur agar mengumpul di satu titik sementara jarak lempar cukup jauh: masukan saja beras kedalam kantong plastik yang diikat kendor. Lalu kaitkan bagian bawah dari plastik dengan senar pancing dan biarkan kantung plastik tersebut melorot sampai titik di mana rangkaian umpan kita lemparkan. Setelah itu gerak-gerakan / sentak-sentakkan sedikit benang anda dengan tujuan menumpahkan beras dari plastik. Yang pada intinya adalah bagaimana caranya mengebom/mengepyur umpan penarik ikan ke titik tertentu di mana rangkaian umpan cutton bud kita tempatkan.

Silahkan tambahkan pengalaman mancing anda dengan menggunakan umpan cutton bud di kolom komentar di bawah ini.

Salam Gentak….

Sumber : yanto senenge mancing, groupmancing.com. spotmancing.com)

mm

Rucah Mania

Asli wong Semarang :) :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Login


Username
Create an Account!
Password
Forgot Password? (close)

Register


Username
Email
Password
Confirm Password
Want to Login? (close)

forgot password?


Username or Email
(close)