Mengenal umpan Tiruan (Minow)

Saat ini kata Minow/Lure terasa sudah tidak asing lagi ditelinga kita, sedikit kita menengok ke belakang sekitar 5-10 tahun yang lalu pasti kita tertawa sendiri. Jadi ingat ketika sedang enak enaknya memainkan minow di salah  satu pantai di kota Pemalang Jawa Tengah, tiba tiba ada pemancing senior (sepuh *red) mendekati, kemudian dengan santainya beliau berkata ” Mancing model opo to mas, kok rak niat ngono? Diuncalke ditarik diuncalke ditarik…”. Bahkan ada juga yang mengatakan ” wong aku pake umpan beneran aja tidak dimakan kok mas, sampeyan malah pakai umpan kayu”, dan masih banyak kata kata lain yang keluar dari mulut temn teman para Pemancing ‘konvensional’ lainnya. Dan saya yakin mungkin sebagian anda pernah atau mungkin akan mendengarkan kata kata itu nantinya . Tapi bukan castinger namanya kalau baru mendengar ‘sindiran’ seperti itu saja, langsung ‘ngambek’ dan tidak mau uncal lagi. Biasanya sih kalau saya malah pengin membuktikan kalau dengan tekhnik ini pun kita bisa mendapatkan ikan.

Sedikit saya akan mengingatkan kembali kepada diri saya sendiri juga, dan mungkin juga untuk menambah pengetahuan bagi yang sedang belajar dari beberapa sumber yang saya baca bahwasannya Perbedaan mendasar antara sebutan pemancing  Fisherman dan Angler adalah pada peralatan yang digunakan dan juga teknik yang digunakannya saat berburu ikan.

Fisherman cenderung menuju ke peralatan yang cukup sederhana, joran, senar dan kail dengan teknik seperti yang telah dijelaskan di awal kalimat. Sedangkan Angler, sedikit lebih ruwet,  angler  sendiri  di ambil dari kata angling fish,  yaitu salah satu ikan dari perairan laut dalam. Angler adalah pemancing yang menggunakan rod atau joran, senar, reel dan juga umpan buatan yang disebut dengan lure (memiliki bentuk menyerupai ikan dan lebih seperti mainan). Teknik yang biasanya digunakan adalah Casting, Jigging, Popping dan Trolling yang merupakan bagian dari salah satu tehnik dalam memancing.

Dan para angler inila biasanya menggunakan macam macam jenis Lure/Minow sebagai umpannya.

Minow / Lure itu sendiri adalah Umpan palsu yang di design menyerupai bentuk-bentuk hewan air seperti ikan, kodok, udang, Ikan, cumi, dll, yang berfungsi untuk mengelabui atau menarik perhatian ikan-ikan predator supaya mendekati mata kail. Umpan palsu ada yang terbuat dari bahan karet, kayu, fiber, metal, dan bulu-bulu.

Berikut sedikit kita ulas mengenai Jenis-jenis Umpan Palsu
Jenis-jenis umpan palsu antara lain:

a. Floating Plug
Pada Umumnya bibir umpan terbuat dari bahan plastik atau alumunium yang sifatnya ringan, supaya umpan bisa mgengambang di permukaan air. Panjang umpan +/- 3-34 cm, dengan berat +/- 2-100 gr.
Gambar : download (1) images yoz-015b. Sinking Plug

  1. Umumnya umpan jenis sinking bersifat berat, supaya umpan bisa tenggelam dalam air. Sinking Plug dibagi dua jenis yaitu:
  • Slow sinker, umpan hanya mencapai pertengahan kedalaman air.
  • Fast Sinker, umpan tenggelam sampai ke dasar.
images (1)
sumber_internet

Panjang umpan +/- 7-34 cm, dengan berat +/- 7-130 gr.

Gambar :

download images (2)

 

c. Rapping Plug
Umumnya umpan hanya mencapai kedalaman pertengahan air, dan bergerak zig zag seperti ikan hidup. Panjang Umpan +/- 4-10 cm, dengan berat +/- 5-27 gr.
Gambar : download (2)

 

Sumber Foto : Internet

download (3)

 

images (4)

d. Popping/ Popper
Umumnya umpan berada di permukaan air dan gerakan umpan membuat air memercik. Panjang Umpan +/- 4-34 cm, dengan berat +/- 5-100 gr.

download (4) ce9543abc1b92f022d655bfc37063276 images (5)

e. Spoon
Umpan terbuat dari bahan besi, dengan berat yang beragam +/- 18-180 gr. Dengan meretrive / menggulung nya dengan kecepatan maksimum reel, Kadang juga digunakan untuk semi jigging.
PicsArt_05-21-12.47.39

f. Metal Jig 

Hampir sama dengan spoon, untuk Metal Jig ini juga dibuat dari besi.  bedanya kalau spoon cenderung pipih menyerupai sendok, sedang Metal jig variasi jenis dan bentuknya lebih banyak Biasanya digunakan untuk teknik Jigging di perairan kedalaman +/- 60 m

berikut penampakannya:

download (5) images (6) s-l300

 

g. Squid
Umpan terbuat dari bahat kayu dan plastik dengan mata kail berbentuk seperti payung, dan umumnya digunakan untuk memancing cumi-cumi. Panjang umpan +/- 7-11 cm, dengan berat +/- 10-18 gr.

images (7) images (9) images (8)

h. Konahead
Umpan yang memiliki skirt yang terbuat dari bahan karet dan berbentuk seperti cumi-cumi, dan umumnya digunakan untuk trolling.
download (8) images (10) download (7)
h. Spinner
Umpan yang sudah dilengkapi atau divariasikan dengan spoon/blade dan bulu-bulu, spoon tersebut akan berputar mengelilingi lure didalam air, sehingga menimbulkan getaran atau dengung suara yang akan membuat ikan-ikan mendekat.

images (11) images (13) images (12)i. Flies
Umpan yang divariasikan dengan bulu-bulu dan didesign menyerupai bentuk serangga. Umpan tersebut akan mengambang diatas permukaan air, mirip dengan serangga asli. tekniknya biasanya menggunakan fly Fishing

images (15) images (14) download (9)

j. Umpan Karet
Umpan yang terbuat dar bahan karet dengan bentuk yang bervariasi, dan untuk pemakaiannya umumnya dipasangkan pada jighead, jig hook dan worm hook.
download (6) images (16) images (17)

 

k. Swim bait

UMPAN SWIMBAIT LURE adalah jenis umpan buatan yang dibuat benar-benar menyerupai ikan secara tiga dimensinya. Namun, ada kelebihan lain yang dimilikinya selain yang saya jelaskan tadi. Keistimewaan swimbait adalah umpan ini bisa bergerak dan bergerak layaknya ikan yang sesungguhnya. Rahasianya terletak pada bentuk umpan ini yang dibagi menjadi beberapa bagian mulai dari kepala, badan, ekor. Ketiga bagian ini, bisa juga empat bahkan lima bagian dari swimbait ini dihubungkan oleh alat yang membantu pergerakan bagian-bagian lain sehingga saat umpan ini diletakkan di air, bagian kepala, badan dan ekor akan bergerak-gerak layaknya ikan hidup. Sayangnya harganya dipasaran masih mahal berkisar 50-200 ribu.

ini penampakannya

images (24) download (11) images (23)

L. Lain-lain
Selain lure yang berbentuk ikan, dewasa ini lure juga didesign mengambil bentuk hewan air seperti kodok, tikus, dsb.

images (19) 917371_1015939985119477_1397670571_n images (20) images (22)

Nah… Gimana Bro…. sudah nambah lagi gak Pengetahuannya mengenai jenis jenis umpan Minow…

Mohon maaf jika masih ada salah penulisan kata.

(Om Hus)

mm

Rucah Mania

Asli wong Semarang :) :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Login


Username
Create an Account!
Password
Forgot Password? (close)

Register


Username
Email
Password
Confirm Password
Want to Login? (close)

forgot password?


Username or Email
(close)