Spot Barramundi, bagi anda yang ingin mencari alternatif spot lainnya

Salam Rucah Mania, Kadang kala kita bingung mau mancing tapi spot mancing hanya itu itu saja. Apalagi bagi Para cepleker/kakaper/ mancing dengan target Barramundi. disini Penulis sedikit akan menunjukkan bebebrapa spot Barramundi di Semarang dan sekitarnya yang mungkin belum pernah anda datangi. Dan semoga bisa membantu menambah refferensi spot mancing ceplek buat anda.

Spot daerah Semarangan Kota

  1. Spot Sekitar Pelabuhan Semarang.

Di spot sekitar Pelabuhan semarang ini ada beberapa titik yang biasa ditongkrongi para cepleker atau pemburu barramundi di Semarang.

a. Dimulai dari Sisi Paling Barat Di Pos 1, Dekat mercusuar. disekitar parkiran perahu. pas di lobang air (siku), jarang makan sih tapi sekali makan size nya lumayan.

b. Disekitar kapal Pandu. (depan Mercuasuar Pos 1 ), Anda bisa iseng iseng mancing bersama keluarga juga sambil melihat aktivitas Kapal Pandu. Namanya saja spot di Kapal Pandu, jadi aktivitasnya kerja juga cukup sibuk. Asal jangan mengganggu Petugasnya biasanya diperbolehkan mancing disana. Kadangkala Babon kakap nya mau kok diajak pulang ūüôā

c. Disekitar Parkiran Kapal Patroli POLAIRUD Jateng,

foto Dok. Catur alap alap Asmoro
foto Dok. Catur alap alap Asmoro

beberapa teman castinger sering menghabiskan waktu sambil melemparkan minownya sembari menunggu sambaran Barramundi di spot ini.

d. di Pos 3 Disekitar Sriboga, spotnya lumayan bagus. hanya saja ikan Rucahannya juga sering mengganggu.

e.

Foto doc Ferry Setiawan
Foto doc Ferry Setiawan

Di Sekitar Pertamina sisi sebelah barat, di sepanjang sisi berhadapan dengan parkiran perahu mercusuar.

f. Disekitar Pertamina, biasanya sih harus ijin dengan security setempat. Tempatnya cukup potensial di depan dermaga Pertamina.

g. Disekitar Kaliwatu, di dekat ‘grojokan air’ kadangkala cepleknya mau dibawa pulang.

h. Disekitar Dermaga Penumpang, Petikemas, JMI dan Kayu balok. Hanya saja itu adalah spot terlarang bagi para pemancing.

i. Disekitar Jenri, akan tetapi spot ini bisa dilalui dengan naik perahu saja. karena kalau dari arah darat dilarang oleh security setempat.

J.  Spot DAM Pelabuhan,  mulai dari DAM tahu,  Dam L,  DAM Hijau maupun DAM merah.  Merupakan spot andalan para angler dari Semarang.  Akses kesana cukup mudah,  tinggal naik perahu dari mercusuar maupun dari Tambak Lorok.  Hanya saja demi keamanan pemancing,  sangat dianjurkan menggunakan pelampung saat mancing disana.

      2. Spot Sekitar Pantai Cipta Semarang. 

Foto Dok. Anton Oktova
Foto Dok. Anton Oktova

Spot yang paling potensial adalah di pintu keluar Pompa air, tiap sore banyak para pemburu Barramundi yang sudah nongkrong disana. baik Castinger maupun Cepleker konvensional. Bagi anda Yang belum pernah kesini, tempatnya adalah di Pantai Cipta , jika akan kesana melalui jl Yos Sudarso (arteri Utara). dari Kaligawe Kanan jalan, +/- 300 m setelah lampu merah Bandarharjo, Belok kanan. Biasanya banyak truk Kontainer yang juga kesana. Masuk saja sebelum sampai ke Pantai ada pos keamanan, belok kiri jalan sampai mentok, tibalah di Pompa air.

      3. Spot Sekitar Pantai Baruna Semarang.

Salah satu Spot yang sering di datangi para pemancing

foto Dok. Anton Oktova
foto Dok. Anton Oktova

dan Pemburu Barramundi adalah di spot Baruna ini, Tepatnya yang berhadapan langsung dengan Patung Macan Marina.

Jika Anda yang belum pernah kesini, Ancer ancernya jika dari arah Kaligawe, ada lampu merah kedua (daerah Tanahmas) masuk ke Kanan melalui Pos Sekurity nya. Masuk saja mengikuti jalan setapak. Sampai mentok Laut. lalu belok kiri / Barat ke arah muara sungai Banjirkanal barat.

  4. Spot Sekitar Pantai Marina Semarang.

foto dok. Zaini
foto dok. Zaini

Spot di sekitar Marina ini merupakan spot yang cocok untuk mancing dan wisata keluarga. Bagi Para pemburu Barramundi biasanya lebih suka di spot Patung Macan. Dimuara Banjirkanal Barat yang berhadapan dengan spot baruna tadi. Di GPS atau Google Map pasti sudah ada Wisata Pantai marina. hanya spotnya patung macan adalah setelah masuk Pos Keamanan marina notok belok Kanan. Terus saja sampai di patung Macan.

5. Spot Rumpon di sekitar Marina Semarang

Spot ini sebenarnya salah satu spot Tua di Semarang, banyak pemilik tambak disana yang membuat rumpon  rumpon untuk memanjakan para Pemancing.

dok_Aji
dok_Aji

 Ada rumponnya Pak Slamet, Mbah Slamet, dll. Ada jasa Pengantaran ke rumpon dengan menggunakan Perahu. Bagi anda yang belum pernah kesana ancer ancernya dari Patung garuda (Depan Marina) belok kiri mentok. Hingga sampai pos Penjagaan ARHANUDSE. Kita dilarang membawa kendaraan dan harus jalan. Titipkan motor di sekitar situ ada. dan jalan menuju ke Persewaan Perahu. Tinggal pilih mau ke rumponya siapa.

      6. Spot Rumpon Sekitar Tambak Lorok Semarang.

Ini juga salah satu spot Favorit para Pemancing di Semarang.

rumpon_Slamet
rumpon_Slamet

Selain Ikannya Lumayan juga aksesnya tidak terlalu susah. Disana ada beberapa rumpon yang dimiliki oleh beberapa orang, diantaranya Pak Jhony, Pak Mus, Pak Pii, Pak Slamet, dll. Jika anda belum pernah kesana ancer ancernya adalah dari jalan kaligawe ke arah arteri Yos Sudarso setelah Jembatan kedua (Tambak Lorok) putar balik di depan Indonesia Power) maju sekitar 200 m belok kiri (arah TPI), tapi langsung belok kanan kearah bawah jembatan. Mentok sampai di Penjual Udang (Pak Sawal) disitu menyediakan persewaan Perahu menuju ke Rumpon. Bisa juga di sekitar Muara sungai tambak Lorok. Dan juga rumpon tanam pak Imam,  harus ngampul.

      7. Spot Sekitar Tambak Motto Semarang.

Spot Motto sudah cukup lama juga terdengar dikalangan para cepleker Semarangan. Dulu spot ini cukup potensial bagi para pemburu ikan Barramundi, terutama di titik bekas jembatan Gelagah. Jika Ingin kesana melalui Jl Kaligawe. Tanya warga sekitar sana Spot Motto .

Spot daerah Timuran :

Rata rata spotnya berada di wilayah Kabupaten Demak. Mulai dari Kecamatan Sayung yang berbatasan dengan Kota Semarang sampai daerah Menco ataupun Morodemak.

  1. Spot Sekitar Senik РSayung 
  2. Spot Sekitar Jembatan Pedhot Morosari Sayung
  3. Spot Sekitar DAM Morosari Sayung
  4. Spot Sekitar Surodadi Sayung
  5. Spot Sekitar Tambak Onggorawe Sayung
  6. Spot Sekitar Jembatan Sodong Sayung
  7. Spot Sekitar Jembatan Badong Sayung
  8. Spot sekitar Jembatan Bogorame Sayung
  9. Spot Sekitar Tambak Wedhung 
  10. Spot sekitar Tambak Menco
  11. Spot Sekitar Tambak Morodemak

Saya tidak bisa menjelasakn satu persatu spot ini, karena terlalu sulit dijelaskan dengan kata kata hehehehe, anda cukup mengerti dimana kecamatannya tanya orang disekitar sana biasanya sudah tahu. Misalnya begitu sampai Kecamatan Sayung, anda bertanya daerah Jembatan pedhot morosari rata rata kalau warga asli  sudah mengerti

Spot Semarang daerah Barat

  1. Spot Sekitar Tambak Jembatan Bandara A Yani

akses ke sana adalah melalui Perumahan Graha Padma – Hanoman Semarang, Setelah Bundaran kedua belok kiri. dan ikuti jalan tersebut sampai di sebelah barat bibir sungai. ikuti terus hingga sampai Jembatan runway Bandara. jalannya agak ekstrim. hanya cukup untuk motor kendaraan roda dua saja. setelah dijembatan runway, disitu banyak spot rumpo Pak Tus, dll. atau di jembatan runway itu sendiri juga spot lumayan potensial.

2. Spot Sekitar Pantai Maron. 

Akses kesana sebenarnya tidak terlalu susah, bisa lewat bandara A Yani atau lewat jl Jembawan (Samping Kuburan belanda. ) nanti akan ada papan petunjuk kearah pantai Maron. di Pantai Maron itulah salah satu spot potensial para pemancing pemburu barramundi

3. Spot Sekitar Tambak Tugu

Spot Tambak di sekitar Tugu tidaklah asing bagi telinga para senior pemancing dari Semarang. Spot Barramundi disana sangat potensial. akan tetapi namanya ditambak, Jam Makan ikan menyesuaikan pasang surut nya air laut. Ancer ancernya ya di sekitar daerah Tugu Semarang Barat. Pas Tikungan Tugu sekitar 500 m setelah RS Tugu Semarang  arah ke Barat. Masuk Perum Korpri Tugu. (kanan Jalan) Masuk saja mentok) silahkan pilih tambak tambak yang ada

4. Spot Rumpon Sekitar Tambak Aji Karanganyar Mangkang

akses menuju kesana melewati Kawasan Industri Wijaya Kusuma Semarang, Bisa menghubungi salah satu tekong disana (sdr Dika – 089669783033).

5. Spot Sekitar Irigasi & Tapak Mangkang

Spot daerah ini juga sudah cukup lama terdengar diantara para Pemancing Barramundi. Jadi tidak Perlu saya uraikan lebih jauh.

       6. Spot Sekitar Ngebruk Mangkang

spot ini merupakan salah satu spot lama tapi baru, kenapa disebut begitu karena daerah ini sebenarnya sudah lama banyak dikenal orang orang hanya saja beberapa tahun terakhir ini banyak bermunculan rumpon rumpon. Misalnya Punya Busri punya Eko, dll silahkan dicoba.

akses kesana dari depan pasar Mangkang, masuk gapura Udang sampai Notok belok kanan. disitu sudah banyak tambak yang siap anda tongkrongi. atau kalau mau ke Rumpon bisa menghubungi Pak Busri dll.

       7. Spot Sekitar Pelabuhan Kendal

Spot ini tergolong baru beberapa tahun yang lalu saja. tetapi namanya BWK cukup bagus terdengar sebagai salah satu andalah para pemburu Barramundi. Tidak hanya dari Kendal, dari beberapa daerah lain juga sering datang kesini. salah satunya para Cepleker dari Semarang.

Aksesnya cukup mudah, dari Semarang melalui Jl Arteri Kaliwungu setelah Pom Bensin pertama di kanan Jalan ada Gapura masuk Pelabuhan.

 

Selamat Mencoba di spot spot tersebut. semoga beruntung…

Bagi Yang mau menambahkan silahkan ditunggu Masukannya ya…

mm

Rucah Mania

Asli wong Semarang :) :)

One thought on “Spot Barramundi, bagi anda yang ingin mencari alternatif spot lainnya

  • July 11, 2017 at 11:30 pm
    Permalink

    Waaaaaah …mantaaaab

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Login


Username
Create an Account!
Password
Forgot Password? (close)

Register


Username
Email
Password
Confirm Password
Want to Login? (close)

forgot password?


Username or Email
(close)