Standard “Alat Keamanan Diri” saat mancing.

Bagi Teman Teman Anggota Rucah Mania yang sudah lama bergabung dan sering mengikuti Trip Kami, mendengar Standard Keamanan saat Mancing ‘Ngampul’ (menyewa Perahu ke Tengah laut) rasanya tidak asing lagi, setiap kali kami mengadakan Trip, baik itu Trip Akbar maupun Trip antar beberapa anggota saja, kami  tetap wajib melaksanakannya.  Apa saja ??

  1. Jaket Penyelamat/Pelampung

    Jaket pelampung mungkin ketika anda membaca ini akan terasa seperti meremehkan, akan tetapi jangan lupa bahwa alat ini akan menjadi alat penting untuk kegiatan memancing diatas kapal, danau maupun di laut. Sebaik-baiknya kemampuan kita berenang tidak akan menjamin kita dapat bertahan di perairan terbuka tanpa benda yang membantu kita tetap di permukaan air. Berbagai jenis pelampung dapat kita gunakan baik dengan gas maupun foam. Banyak hal yang dapat membuat kecelakaan di kapal sehingga jaket pelampung menjadi hal yang tidak dapat dilupakan ketika memancing dengan kapal.

    Yang Standard, Biasa dipakai Teman teman
    Yang Standard, Biasa dipakai Teman teman

    Alat ini harus dimiliki dan dibawa saat memancing dengan kapal baik laut atau danau/sungai. Pelampung yang baik memiliki nomor registrasi dan juga tanggal kadaluarsanya.  Di Komunitas Rucah Mania saat mengadakan Trip kita mewajibkan para peserta Harus membawa Jaket Pelampung ini.  Karena Kejadian yang akan terjadi di laut kita tidak akan pernah tahu. Seperti kejadian beberapa bulan kemarin, saat beberapa teman teman Rucah mania mengadakan Trip ke jepara. Cuaca yang cerah dan sangat kondusif di Pagi hari ternyata tidak menjamin ditengah laut akan nyaman. Ketika tiba tiba Perahu menabrak potongan kayu atau apapun yang mengakibatkan perahu bocor, dan juga ketika kemudian tiba tiba Hujan dan badai datang begitu cepat dan dahsyatnya, sehingga tiba tiba secepat itu pula kita merasakan sangat kecil di hadapan NYA. kita hanya bisa pasrah dan tidak bisa berbuat apapun. Hanya Pelampung lah harapan hidup kita satu satunya

  2.  Sarung Tangan

    Sarung tangan merupakan alat pelindung tangan yang vital dalam memancing baik hand line dan juga sport fishing.  Mungkin bagi sebagian kita merasa itu hanya gaya gayaan saja. Akan tetapi sebenarnya Sarung tangan bisa mempunyai fungsi lebih banyak daripada itu. diantaranya melindungi tangan dari gesekan antara alat pancing dengan kulit tangan yang mudah terluka. Pada panggunaan hand line tidak masalah jika mendapat ikan yang kecil tetapi jika ikan besar yang memakan maka akan terjadi proses tarik ulur yang akan menimbulkan gesekan antara nilon dengan tangan.images

    Berbagai sarung tangan dapat digunakan untuk memancing, tetapi yang berbahan dari kulit akan lebih baik melindungi tangan.

  3. Alas Kaki

    Alas Kaki sangat penting terutama untuk keamanan kaki saat memancing, jika di kapal mungkin saja ada mata pancing yang berceceran dan sangat mungkin mengenai kaki dan menyebabkan kaki cidera. Pada saat memancing di darat terutama di rawa penggunaan sepatu boot akan lebih baik untuk melindungi kaki terutama dari hewan seperti pacet dan lintah. Camouflage-Flat-Heel-font-b-Wading-b-font-Color-Block-Rubber-Gum-Work-Winter-font-b images (17)

    Pada rock fishing, boot karet akan melindungi kaki dari cidera ketika berjalan di sela batu karang dan juga kondisi jalan becek atau licin. Bagi anda yang suka memancing di DAM juga sangat dianjurkan memakai alas kaki ini.

  4. Head Lamp

    images (1)Head lamp akan membantu penyinaran di kapal terutama kapal memancing tradisional. kita tidak pernah tahu, tiba tiba genset terkadang mengalami masalah, dan sangat berbahaya jika kapal tidak memiliki penerangan di malam hari. Head lamp dapat menjadi alternatif cahaya dalam menghadapi masalah-masalah yang tidak Anda duga serta dapat memberi kode jika dalam keadaan darurat. Saat ini mungkin bisa menggunakan Sinar flash dari HP anda akan tetapi kita tentu bisa mengukur berapa lama kekuatannya dan juga kita juga tidak ingin akan terjadi sesuatu dengan HP kita, kena air laut misalnya.

    Kegunaan lain head lamp membantu Anda dalam memancing seperti menyinari umpan GID dan juga menerangi di tempat yang tidak mendapat sinar lampu.

  5. Topi

    18425170_10208696640362637_6726673284313324150_nTopi merupakan Alat Pengamanan Diri yang penting dalam memancing terutama di siang. Topi melindungi wajah dari sengatan matahari yang dapat mencegah terjadinya kulit terbakar. Topi yang baik adalah topi yang dapat meredam panas dan juga lebar untuk melindungi wajah dari sengatan sinar Matahari dan jug pandangan kita.

  6. Head Tube/Face Tube / BuffHead tube/Face tube atau sering kita sebut dengan Buff adalah Alat Pelindung Diri Pemancing yang sangat berguna untuk kegiatan outdoor, Aayahseperti memancing. Berfungsi untuk melindungi leher hingga wajah dari sinar matahari dan udara dingin di malam hari, bisa juga dipakai untuk penghangat kepala atau sebagai masker.

    Bahannya yang breathable, uv protection, elastic dan mudah digunakan menjadi alasan utama para mania mancing menggunakannya. Pemakaian di cuaca panas akan lebih baik dikombinasikan dengan topi dan safety glasses.

  7. Safety Glasses /Kacamata

    Manfaat penggunaan safety glasses adalah untuk melindungi mata dari benturan benda yang terkadang melayang saat memancing dan dapat mengurangi pancaran sinar matahari.

    Seringkali ketika terlalu semangat rekan memancing kita dapat over retrieve, overstroke dalam memainkan umpan casting dan jigging, atau fail throw ketika melempar popper dan minnow yang dapat memantulkan umpan dan dapat melukai pemancing, belum lagi pancing ‘mocel’ dari ikan dan melenting keras bagai peluru dan peristiwa lain yang dapat membahayakan tubuh terutama mata.images (19)

    Tak perlu mahal karena safety glasses harganya jauh lebih murah dari minnow, jigatau popper tetapi jauh lebih bermanfaat dalam melindungi mata kita.

  8. Pakaian

    Pakaian yang baik adalah nyaman dipakai dan melindungi seluruh tubuh dari berbagai kemungkinan cidera ataupun suhu udara yang dapat membuat gangguan bagi kondisi tubuh. Pakaian dengan bahan yang sejuk, mudah kering dan menyerap keringat akan jauh lebih baik untuk digunakan.18835719_1818522171795107_3308865000032616577_n

    Pakaian lengan panjang dapat menjadi pilihan ketika memancing karena dapat melindungi tubuh dari teriknya sinar matahari dan juga dinginnya angin malam.

    Jaket juga menjadi pakaian yang wajib dipakai, terutama kegiatan mancing di malam hari. Celana panjang tentunya jauh lebih baik melindungi tubuh dibandingkan celana pendek. Carilah bahan mudah kering dan kuat, penggunaan bahan jins kurang baik untuk memancing karena lebih berat dan sangat sulit kering jika basah.

    Tentunya dibutuhkan kesadaran diri kita sendiri untuk bertanggung jawab atas keselamatan kita masing-masing. Memancing adalah kegiatan yang menyenangkan dan juga mempunyai resiko yang besar.

    Jika ada teman teman angler menggunakan alat alat keamanan tersebut diatas, bukan karena mereka ingin bergaya gayaan ya, tetapi mereka memang menginginkan keamanan buat mereka saat akan memancing. Sesuai dengan alat Pengamanan Diri yang ada.

13417663_1623498407964152_2678459554118391381_n

mm

Rucah Mania

Asli wong Semarang :) :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Login


Username
Create an Account!
Password
Forgot Password? (close)

Register


Username
Email
Password
Confirm Password
Want to Login? (close)

forgot password?


Username or Email
(close)