TEKNIK MANCING IKAN BARONANG DAN KIPER / KITANG

Ada 2 cara teknik mancing ikan baronang dan ikan kiper / kitang yaitu:

1. Mancing baronang, kiper / kitang dengan menggunakan joran tegek
2. Mancing baronang, kiper / kitang dengan menggunakan joran spinning super light tackle

Penjelasan teknik mancing ikan baronang dan ikan kiper / kitang:

images (16)

1. Teknik mancing baronang, kiper / kitang menggunakan joran tegek.

Joran tegek adalah joran yang tidak memiliki ring guide dan reel sheet. Penggunaan joran ini yaitu dengan mengikatkan senar monofilament di ujung joran kemudian dikasih pelampung kecil dan menggunakan mata pancing garong. Umpan yang digunakan paling bagus adalah menggunakan lumut

Teknik baronang, kiper / kitang seperti ini: Umpan lumut kita kaitkan dengan mata pancing garong kemudian atur kedalaman pelampung kecil sesuai dengan keadaan spot mancing. Umpan kita lempar di pinggir-pinggir tiang dermaga atau tonggak-tonggak dermaga. Tunggu beberapa saat. Jika pelampung bergetar-getar berarti umpan lumut sedang dilahap oleh baronang, kiper / kitang. Tanpa tunggu lama langsung saja gentak joran pasti baronang, kiper / kitang langsung nyantol di garong. Ulangi terus teknik ini hingga panen ratusan ikan dalam waktu yang sangat singkat.

2. Teknik mancing baronang, kiper / kitang menggunakan joran spinning super light tackle.

Joran spinning adalah joran yang memiliki ring guide dan reel sheat. Lebih mantab lagi kalau pake joran yang ukurannya pendek, sehingga tidak telat kalau menghentak ikan baronang, kiper / kitang. Usahakan menggunakan joran kelas dibawah 10lb. Penggunaan joran ini yaitu siapkan reel berukuran kecil antara 1000-2000, senar monofilament 10lb, mata pancing super kecil, umpan menggunakan irisan udang (yang mudah dicari), bandul timah berukuran kecil/sedang (sesuai keadaan arus).

Kemudian pasang umpan berupa irisan udang yang kecil-kecil ke mata pancing. Lemparkan umpan mancing baronang, kiper / kitang ke tiang-tiang dermaga atau dinding-dinding dermaga. Kelebihannya jika kita menggunakan joran spinning yang super lentur untuk mancing baronang, kiper / kitang adalah kita bisa sangat sensitive untuk merasakan getaran ketika baronang, kiper / kitang makan umpan. Ketika kita merasakan ada getaran sedikit di ujung joran, jangan terlalu terburu-buru dan juga jangan sampai telat untuk menghentak joran. Tunggu moment yang pas untuk menghentak joran. Kemudian jika dirasa sudah mantab untuk menghentak joran maka langsung aja dihentak jorannya. Pasti baronang, kiper / kitang akan nyantol di mata pancing.

rangkaian pancing ikan kiper / kitang

Rangkaian pancing untu mancing baronang, kiper / kitang

Saran dari saya tentang mancing ikan baronang dan ikan kiper / kitang:

Teknik mancing ikan baronang dan ikan kiper / kitang dengan menggunakan joran super light tackle bagus sekali jika dilakukan di dermaga pelabuhan dimana ada kapal yang sedang bongkar muatan berupa hasil ikan. Biasanya kapal yang sedang bongkar ikan akan membuang air sari-sari ika yang sudah berbau busuk ke laut. Di dekat pancuran air itulah banyak sekali baronang dan kiper / kitang sedang menyerap dan memakan sisa-sisa air ikan dari nelayan.

Teknik mancing baronang, kiper / kitang gampang sekali. Lemparkan umpan untuk baronang, kiper / kitang ke daerah air pancuran pembuangan sari-sari ikan tersebut. Ukuran kedalaman umpan jangan terlalu dalam. Cukup ½ meter saja dari permukaan air. Tanpa tunggu lama pasti akan disamber baronang, kiper / kitang yang ukurannya lebih besar dibanding dengan teknik biasanya.

Teknik mancing baronang, kiper / kitang menggunakan joran super ligt tackle dengan umpa udang iris memiliki kelebihan yaitu hasil mancing yang kita dapatkan tidak hanya baronang, kiper / kitang saja. Bahkan ikan selain baronang, kiper / kitang yang ada di sekitarnya pasti akan makan juga. Jadi kita tidak akan boncos walaupun baronang, kiper / kitang sedang tidak ada di lokasi tersebut. Kalu kita menggunakan umpan lumut pasti akan boncos kalau di spot tersebut karena tidak ada target baronang, kiper / kitang.

Oh iya, jangan lupa jika kita mancing baronang, kiper / kitang kita harus hati-hati terhadap durinya. Duri baronang, kiper / kitang mengandung racun yang sangat berbahaya jika terkena bagian tubuh. Pengalaman saya tentang mancing baronang, kiper / kitang dulu pernah tangan saya terkena sengatan baronang, kiper / kitang hasilnya tangan saya keluar nanah sampai 7 hari baru lukanya kering. Untuk penanganannya, usahakan memberikan cairan amoniak ke luka yang terkena sengatan. Bila keadaan urgent tidak ada amoniak, kita bisa menggunakan air kencing untuk dioleskan ke luka bekas sengatan. Air kencing mengandung amoniak yang secara urgent bisa digunakan untuk mengobati luka akibat sengatan ikan baronang dan ikan kiper / kitang.

Semoga informasi tentang teknik mancing ikan baronang dan kiper / kitang ini bermanfaat bagi mancing mania seluruh Indonesia pada umumnya dan mancing mania seluruh dunia pada umumnya.

14032011001 baronang-angin baronang_susu

 

Resume Artikel : www.maslakon.com

 

3 thoughts on “TEKNIK MANCING IKAN BARONANG DAN KIPER / KITANG

  • mm
    December 27, 2016 at 2:15 pm
    Permalink

    Mantaaabs… Nyoba aah…

    Reply
    • December 27, 2016 at 2:44 pm
      Permalink

      hemmp ojo lali japrene

      Reply
  • December 27, 2016 at 2:46 pm
    Permalink

    ojo lali japrene lo neg intuk iwake wkwkwkwkw

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Login


Username
Create an Account!
Password
Forgot Password? (close)

Register


Username
Email
Password
Confirm Password
Want to Login? (close)

forgot password?


Username or Email
(close)